UI Berjaya dalam Simulasi Sidang PBB

Kampus Indonesia (UI) menyapu empat penghargaan dalam pertandingan simulasi sidang Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) se-Asia Pasifik atau Asia-Pacific Jenis United Nations Conference (AMUNC) 2015 di Perth, Australia.

Dalam pertandingan itu, dua mahasiswa UI mencapai penghargaan Best Diplomacy Award. Kedua-duanya adalah Adry Gracio Manurung dalam United Nations Development Programme (UNDP) serta Sherley Mega Sandiori dalam United Nations Education, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Penghargaan yang lain berbentuk Honorable Mention yang sukses dicapai oleh Anyssa Rizka dalam Special Political and Decolonization Committee (SPECPOL) serta Muhammad Ali Riza dalam League of Arab States (LAS).

Baca juga: Biaya Kuliah UPNVJ - Pendaftaran UPNVJ

Capain itu adalah pencapaian penghargaan paling banyak mulai sejak UI mengirim delegasi pertama ke AMUNC pada tahun 2010. AMUNC adalah salah satunya pertandingan simulai sidang PBB paling besar se-Asia Pasifik.

Arena ini dibarengi lebih dari 700 mahasiswa dari beragam negara. Pada pengadaan yang ke 21 ini, AMUNC dikerjakan di Perth, Australia, dari tanggal 29 Juni hingga 4 Juli 2015.

UI kirim tujuh mahasiswa untuk ikuti AMUNC yang dibarengi untuk ke empat kalinya. Ke-7 mahasiswa itu ialah Adeline Tiffanie, Adry Gracio Manurung, Anyssa Rizka, Lestari Cinta Zanidya, Muhammad Ali Riza, Sherley Mega Sandiori, serta Syarifah Nadhira Anggitasari.

“Untuk memenangi penghargaan itu, kami mesti mempunyai pengetahuan serta wacana yang luas tentang rumor internasional, kapabilitas berdiplomasi yang baik dengan peserta yang lain, pemikiran yang gawat serta solutif, juga kapabilitas untuk menuangkan inspirasi serta pemikiran ke tulisan yang berupa resolusi, ” papar Adry, salah satunya anggota team yang sukses membawa pulang penghargaan dalam info pers yang di terima Sindonews, Senin 13 Juli 2015.

Terkecuali kirim tujuh peserta, tahun ini UI juga kirim lima mahasiswa untuk berperan serta menjadi director. Ke lima orang itu ialah Hilya Nisrina, Kevin Emeraldi, Safira Pusparani, Safira Ramadhani, serta Chandra.

Menjadi director, ke lima mahasiswa itu bertanggungjawab untuk menyiapkan topik-topik yang akan dibicarakan juga jadi moderator diskusi.

Agar bisa dipilih jadi director, ke lima mahasiswa itu mesti ikuti beragam bagian seleksi yang ketat, salah satunya seleksi CV, seleksi pengetahuan akan rumor internasional, serta wawancara.

Baca juga: Biaya Kuliah USAKTI - Pendaftaran USAKTI

Adry sadari jika kesuksesan delegasi UI untuk AMUNC tahun ini tidak terlepas dari support banyak kubu, yakni keluarga, kampus, juga alumni delegasi UI untuk AMUNC tahun kemarin.

Dia mengungkap delegasi UI tahun sudah memberi kursus spesial untuk beberapa delegasitahun ini supaya dapat mencapai penghargaan.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi serta Usaha itu mengharap supaya perolehan delegasi UI pada AMUNC 2015 dapat berikan motivasi semua pemuda Indonesia untuk selalu berjuang dalam mengharumkan nama bangsa di arena internasional.

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Gugatan ke MK, Sandi Sebut Ini Langkah Konstitusional

PAN Tegaskan Tidak Pernah Minta Kursi Pimpinan Parlemen ke Jokowi

UG skorsing mahasiswa pembully Farhan