Elista, Cara Universitas Jambi Deteksi Aksi Plagiat Mahasiswa

Kampus Jambi (Unja) mempunyai skema elektronik terintegrasi pekerjaan akhir mahasiswa (Elista) untuk menghadapi jiplakan sekaligus juga memudahkan tuntunan oleh beberapa dosen.

Baca juga: Biaya Kuliah POLIMDO - Pendaftaran POLIMDO

"Elista adalah skema terintegrasi, diantaranya untuk mengantisipas jiplakan pekerjaan akhir, seperti judul sama atau yang sudah ada," kata Kepala Instansi Peningkatan Tehnologi Info serta Komunikasi (LPTIK) Unja, Jefri Marzal di Jambi, Kamis, 5 Juli 2018, dikutip Pada.

Menurutnya, banyak berlangsung di prodi yang tidak terdaftar dengan rapi, berkaitan riset serta pekerjaan akhir mahasiswa. Elista dinilai menangani masalah itu karena skema info ini berbasiskan web untuk mengurus tuntunan pekerjaan akhir mahasiswa mencakup karya ilmiah, skripsi, tesis, serta disertasi.

"Data yang terangkum pada Elista akan dilaporkan dengan periodik ke pangkalan data," tuturnya.

Dengan spesial, LPTIK Unja mengadakan workshop pada 3-5 Juli 2018 yang dibarengi oleh beberapa ketua prodi serta operator yang bekerja menginput data pekerjaan akhir mahasiswa Unja.

Sampai kini, prodi yang berada di Unja telah melakukan perihal itu. Tapi karena pembuatan dalam taraf yang besar, banyak muncul persoalan, salah satunya pekerjaan pembimbingan pekerjaan akhir yang tidak terlaporkan ke forlap PDPT Dikti.

Baca juga: Biaya Kuliah UNMUL - Pendaftaran UNMUL

Berarti pekerjaan yang demikian terpenting ini tidak terdaftar di Kemeristekdikti benar-benar. Mengakibatkan, data-data tuntunan ini tidak dapat dibuka dosen-dosen pembimbing seperti mereka terhubung data-data pengajaran mereka.

Diluar itu, dosen pembimbing di Kampus Jambi banyak yang tidak tahu berapakah banyak mahasiswa yang mereka bimbing serta mahasiswa itu telah tamat atau belumlah.

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Gugatan ke MK, Sandi Sebut Ini Langkah Konstitusional

PAN Tegaskan Tidak Pernah Minta Kursi Pimpinan Parlemen ke Jokowi

UG skorsing mahasiswa pembully Farhan