Peluang Kerja Generasi Muda Makin Kompetitif

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Semua Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea memberi panduan ke mahasiswa Kampus Indonesia dalam melawan Penduduk Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Hal tersebut disebutkan Andi waktu memberi kuliah umum di Pusat Studi Jepang UI bertopik "Youth Public Lecture: Pemuda serta Tenaga Kerja".

Baca juga: Jurusan di BINUS

Dia mengemukakan, permasalahan ketenagakerjaan terkait dengan MEA 2015. Karena beberapa mahasiswa lulusan sarjana akan makin ditantang masuk dunia kerja yang kompetitif.

"Pertandingan tentu begitu ketat, dunia kerja semakin kompetitif, lapangan kerja semakin sempit buat. Tentu SDM berkualitas serta bibit unggul yang dapat berkompetisi," katanya, Kamis (12/9/2014).

Menurut dia, tidak cuma generasi muda, tapi menjadi presiden buruh dia juga memohon pemerintah mempersiapkan SDM yang kuat.

Bagian pekerjaan yang dapat dikerjakan orang Indonesia janganlah ditangani tenaga kerja asing didalam rumah sendiri.

"Banyak laku di Indonesia. Dimana, orang asing bekerja disini, bidang mana saja jagalah bagian-bagian di perusahaan supaya janganlah dilepaskan ke pekerja asing," tuturnya.

Contohnya, lanjut Andi, di operator pabrik garmen, serta beberapa pekerjaan yang dapat dikerjakan orang Indonesia, semestinya dikerjakan sendiri. "Janganlah semua dilepaskan," katanya.

Baca juga: Jurusan di TEL-U

Kesempatan yang makin sempit ini, seharusnya membuat beberapa mahasisa supaya lebih semangat tingkatkan potensi diri.

Mahasiswa mesti mempunyai kemampuan serta ketrampilan untuk siap bersaing dengan terbuka serta masih di dukung pemerintah.

"Generasi muda kita beri semangat. Sediakan mereka hadapi MEA. Persiapan ketrampilan, beberapa perizinan usaha yang berbelit mesti dipermudah, SDM mesti siap dalam tempat apa pun," pungkas dia.

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Gugatan ke MK, Sandi Sebut Ini Langkah Konstitusional

PAN Tegaskan Tidak Pernah Minta Kursi Pimpinan Parlemen ke Jokowi

UG skorsing mahasiswa pembully Farhan